Minggu, 14 Februari 2010

Tugas buat naskah neh.... ^_^

MATA KULIAH : RETORIKA

Assalamualaikum Wr Wb ….
Selamat pagi semuanya…!
Yang terhormat
Yang terhormat
Dan saudara-saudara sekalian yang berbahagia

Puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita limpahan cinta dan kasih-Nya yang begitu besar sehingga kita bisa bertatap muka, berkumpul disini ditempat yang penuh hikmat dalam keadaan sehat walafiat.
Diacara “Penyuluhan Kesehatan Anti Merokok” yang bertemakan “jangan hanya katakan tidak pada narkoba tapi juga katakanlah tidak pada rokok” ini saya akan memberikan sedikit pandangan tentang bahaya merokok pada kesehatan lahir batin manusia
Saudara-saudaraku yang berbahagia…
Bagi kalian yang merokok pastilah kalian tahu apa sebenarnya rokok itu, bagaimana rasanya, dan apa efeknya bagi yang memakai. Sedikit saya jelaskan bahwasanya rokok itu adalah benda beracun yang memberikan efek santai dan sugesti merasa lebih rileks daripada biasanya. Tapi dibalik manfaat semu rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun yang orang disekitar perokok yang tidak merokok sekalipun.
Bahaya-bahaya merokok itu diantaranya :
1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang mana 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh kita. Beberapa zat yang berbahaya tersebut adalah tar, nikotin, karbon monoksida, dll.
2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker diudara dan 50 kali mengandung bahan pengiritasi mata dan pernafasan. Semakin pendek, semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang diudara dan masuk dalam tubuh kita, bahkan ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa suatu tempat yang dipenuhi asap rokok lebih berbahaya daripada polusi dijalanan raya yang macet.
Saudara-saudaraku yang berbahagia…
3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun, bahkan ada sebuah persepsi yang menyatakan seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas. Cobalah kita pikir lebih jauh, bagaimana bila seorang perokok lebih mementingkan merokok daripada makan yang begitu dibutuhkan oleh tubuh. Sangat ironis bukan, bisa dibilang seorang perokok mengejar kenikmatan semu belaka yang begitu berbahaya dan mereka tidak sadar bahwasanya itu sama saja mereka membunuh diri mereka secara pelan-pelan. Bahkan dilam agamapun itu tidak diperbolehkan, melakukan sesuatu hal dengan sengaja merusak diri kita dan mengganggu lingkungan kita. Sungguh tidakan yang sangat bodoh.
4. Rokok bukan hanya berbahaya bagi pengkonsumsi aktifnya saja tapi juga sangat berbahaya bagi orang-orang yang ada disekitar perokok atau dalam ilmu kesehatan dikenal dengan sebutan perokok pasif.berhubungan dengan bahaya merokok yang no-1 dan 2 tadi tentang racun dalam rokok, asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok sebagian besar juga dihirup oleh orang yang ada disekitar perokok.dan itu sangat berbahaya karena perokok pasif juga mempumyai peluang yang sama besarnya dengan perokok aktif untuk terkena penyakit-penyakit yang disebabkan oleh rokok. Seperti : kanker, serangan jantung, impotensi, dll.
Saudara-saudaraku yang berbahagia…
Jadi dapat disimpulkan bahwa merokok merupakan kegiatan merugikan yang dilakukan manusia yang mengorbankan uang, kesehatan, kehidupan sosial, persepsi positif, dan lain sebagainya. Maka berbahagilah kalian jika belum merokok dan bagi kalian yang sudah terlanjur merokok berusahalah meninggalkan benda tersebut sedikit demi sedikit dan tumbuhkanlah kesadaran dalam diri saudara-saudara sekalian akan bahaya merokok.
Hidup indah adalah hidup yang penuh senyum
Hidup indah adalah hidup bahagia
Dan hidup indah adalah hidup sehat….
Saudara-saudara yang berbahagia…
Hanya ini yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua dan saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.
Wabillahi taufiq walhidayah
Wassalamualaikum Wr Wb….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar